Hosted by imgur.com Bagi anda yang suka menambah pernak pernik pada halaman utama web, anda tentunya anda sudah tahu bagaimana caranya untuk mengetahui jumlah pengunjung pada web kita dalam bentuk counter yang terpampang pada web tersebut.

sekedar untuk sharing atau berbagi pengalaman berikut cara sederhana untuk menampilkan counter tersebut dimana kali ini saya akan memanfaatkan aplikasi dari http://123counters.com untuk membuatnya, dimana caranya secara umum yaitu sebagai berikut:

1, buka www.123counters.com

kemudian akan muncul tampilan sbb:

Hosted by imgur.com

2, Klik >> Get your Free Web Counter Now!

3, pilih jenis counter yang diinginkan

4, masukan informasi tentang diri anda

5, dan selanjutnya anda lakukan tahap demi tahap hingga anda memperoleh kode html untuk dicopy ke widget text pada sidebar

setelah anda memperoleh kode html tersebut seperti biasa anda copykan kode html tersebut yaitu dengan cara sbb:

1, masuk menu appearance, widget

2, drag widget text ke sidebar

3, copykan kode html yang diperoleh pada widget text tersebut

4, save, maka selesailah tahapan pembuatan counter

silakan kunjungi web anda dan pastikan terdapat counter pada halaman web tsb.

sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ad kesalahan dalam tahapan tsb.

Advertisements

gambar terompet untuk promosi blog Tips tentang promosi blog/website sudah banyak dibahas, diantaranya tentang SEO, komunitas, atau content. Sebagai selingan agar tetap rileks, kali ini saya akan mengungkapkan ide-ide promosi blog/website yang tidak tahu malu, benar-benar konyol, atau fun! Apa itu?

1. Cantumkan URL (alamat) web/blog Anda dalam SMS

misalnya, jika teman Anda SMS:

Haloo, lama nggak ngasih kabar, nggak sms, nggak miskol, lupa ya sama aku?

Anda jawab:

Nggak lupa dong, aku lagi nulis blog nih: https://safran507.wordpress.com  :) Kalau online buka ya blog aku

2. Sebar stiker

Mahasiswa (yang cowok) biasanya suka stiker, terbukti di setiap kamar kos biasanya di pintunya banyak stiker. Nah kenapa tidak membagi stiker saja sama mahasiswa? Hampir pasti, mereka akan menempelkannya & tidak membuang stiker kita, bisa di pintu, lemari, atau meja. Kalau di sebar ke anak SMP/SMA, mereka akan menempelkannya di punggung temannya :)

3. Tinggalkan kertas di warnet

Siapkan kertas yang bertuliskan alamat blog/website Anda & sedikit iklan misalnya:

Ada foto bugil di https://safran507.wordpress.com

Tinggalkan kertas itu setiap kali habis ngenet di warnet. Pengunjung warnet berikutnya, pasti akan membolak-balik situs kita untuk mencari foto bugil itu. Pageview meningkat drastis :) Bila perlu, protes ke penjaga warnet, “Mas komputer tempat saya sering ngehang, ganti tempat lain ya?” Tinggalkan kertas lagi di kamar/komputer yang lain… :)

4. Bagi-bagi kaos buat awak bis/angkot dan tukang becak

Biasanya mereka bekerja memakai kaos kan? Nah kalau kita membagi kaos gratis bertuliskan alamat blog kita, maka pasti akan dipakai dan banyak orang yang lihat kan? Tapi kaosnya yang bagus & nyaman dipakai ya?

5. Tulis alamat blog/website di mobil

Kalau mobil sendiri nggak masalah, ada ide gila lagi tulis di mobil tetangga yang sedang diparkir di pinggir jalan. Tulis aja di belakang, kalau tetangga kita nggak tahu, mobilnya tetap dipakai setiap hari, dan website atau blog kita jadi terkenal :D

6. Buat pesan panggilan tidak terjawab

Pernah mendengar pesan dari “telkomsel veronika” ? Untuk operator tertentu ada fasilitas modifikasi pesan otomatis jika handphone kita tidak aktif atau di luar service area. Nah kita bisa merekam suara:

Maaf, handphone saya sedang tidak aktif, daripada bete, kunjungi blog saya ini alamatnya…

7. Kerjasama dengan pembuat tato

Kerjasama dengan pembuat tato, buat orang yang mau dibuatkan tato dengan alamat website kita, buat orang itu gratis, kita yang mbayarin.

8. Muncul di acara pernikahan teman

Biasanya yang punya hajatan menawarkan tamu untuk menyumbang lagu, Anda langsung tunjuk jari dan menyanyi sesuka hati, diakhir lagu, sisipkan kalimat: Jangan lupa kunjungi blog saya ya, ini alamatnya:….

10. Putar-putar pakai mobil pick-up

Dengan memakai pengeras suara (TOA), Anda berteriak: “Bapak-bapak, Ibu-ibu, Adik-adik, jangan lupa kunjungi blog TutorialGratis Dot Net, isinnya menarik dan cocok buat Anda, bla-bla-bla…

11. Nama anak

Kalau punya anak, dikasih nama Dewi Safran507 dot blablabla :P

Punya ide yang lain?

kesalahan dalam menulis blog

Posted: January 19, 2011 in Uncategorized

Kesalahan yang berhubungan dengan design

1. Menggunakan tampilan (themes) standar

Jika Anda pertama kali membuat blog di wordpress.com maka tema blog Anda adalah tampilan (themes) standar, kalau nggak salah yang berwarna biru. Jika Anda tidak menggantinya, itu kesalahan yang parah banget, betul nggak? Blog Anda akan berwarna biru & sederhana, tidak menarik untuk dilihat. Nah, mungkin sebagian orang sudah mengganti tampilannya dengan themes yang lain. Segera ganti header image biar blog Anda unik. Setidaknya untuk membedakan blog Anda dengan blog lain…

2. Gonta-ganti tampilan (themes)

Terlalu sering mengganti themes juga tidak bagus, karena pengunjung akan mempunyai kesan bahwa blog Anda belum jadi. Jadi sebaiknya konsisten dengan satu themes yang menurut Anda paling bagus.

3. Tanpa Read More

Sering sekali saya menjumpai blog yang postingannya ditampilkan utuh di halaman homepage. Jika postingannya pendek mungkin bisa ditolerir. Tapi kalau postingannya panjang-panjang dan lebih dari 10 posting, itu menyulitkan yang membaca kan? Ditambah lagi, sesuai dengan tips SEO, postingan Anda bisa dianggap duplicate content dari homepage, karena isinya sama. Nah, dengan ditambahkan READ MORE, hanya sebagian posting Anda yang akan tampil di homepage (seperti blog ini). Untuk menambahkan READ MORE, pada saat menulis posting, klik tool yang iconnya seperti ini Read more atau dalam kode <!–more–>

4. Tanpa widget kategori

Widget kategori berfungsi memudahkan pengunjung mencari tulisan dalam kategori yang sama, juga memberikan keuntungan secara SEO, yaitu sebagai text link.

5. Asesoris yang berlebihan

Blog memang lebih indah jika dilengkapi asesoris seperti jam, peta pengunjung, pagerank, pengunjung terakhir, atau yang lain. Namun jika terlalu banyak akan membuat blog Anda terlalu lama loadingnya! Ini kan tidak disukai orang yang membuka?

Kesalahan yang berhubungan dengan topik

1. Jarang posting

Jelas banget kalau Anda jarang posting, pengunjung Anda akan berkurang. Ini saya alami sendiri ketika saya tidak mengupdate blog saya selama 2 minggu karena harus ke luar kota. Menulis blog itu mirip dengan menaman bunga, posting adalah siramannya. Okelah 2 atau 3 hari tidak di siram, tapi kalau 1 bulan tidak disiram bagaimana? Bisa mati dong bunganya? Idealnya posting sehari sekali.

2. Isinya cuma berisi curhatan

Jika Anda ingin menulis blog sebagai catatan harian yang bisa diakses di mana saja, itu memang nggak masalah, namun jika Anda menulis blog agar dibaca orang, ini menjadi masalah. Blog Anda tidak akan dikunjungi orang jika hanya berisi curhatan pribadi (kecuali oleh pacar Anda atau pengagum gelap Anda). Ada pengecualian lagi, jika Anda orang terkenal seperti Budi Rahardjo (ahli IT) atau Dian Sastro, biarpun blognya banyak curhatan dan ide pribadinya, tetap saja menarik minat banyak orang. Tetapi pendapat ini kontroversial alias ada sebagian bloger yang tidak setuju, misalnya pada artikel Dani Iswara atau pada komentar-komentar pengunjung.

3. Topik terlalu luas

Pengunjung setia blog Anda, biasanya karena mereka tertarik akan topik-topik tertentu. Misalnya blog ini, saya fokuskan ke topik tips, trik, dan tutorial komputer. Ada juga blog yang mengkhususkan topik lagi, misalnya Tutorial Adobe Photoshop, atau Tutorial Membuat Blog. Beberapa blog dengan topik yang sangat unik dan khusus, sukses menjadi Top Blog di WordPress.com, misalnya: Design Arsitektur, atau Otomotive.

4. Memposting topik yang menyimpang

Jika Anda sudah menentukan topik, konsistenlah dengan topik tersebut. Misalnya blog Anda seputar hukum dan agama, maka janganlah memposting tentang beasiswa.

Kesalahan yang berhubungan dengan isi

1. Isi tidak berbobot

Isi blog yang bagus, ditulis dengan penjelasan yang lengkap. Kalau ada analisis, metodenya memang benar. Kalau ada tutorial, dijelaskan secara gamblang. Jika suatu saat ada yang berkunjung ke blog Anda dan menemukan isi blog Anda tidak berbobot (misalnya ditulis asal-asalan), maka pengunjung enggan datang lagi.

2. Salah ejaan atau tata bahasa

Biasanya kita salah menulis ejaan karena terburu-buru. Misalnya saat mau menulis “kemudian” menjadi “komedian”. Bisa salah arti kan? Tata bahasa juga perlu diperhatikan, namun ini tidak mutlak, ada blog yang sengaja ditulis dengan bahasa gaul karena target pembacanya juga remaja dan orang muda.

3. Copy-paste

Menulis blog dengan modal copy-paste adalah tidak etis dan melanggar hak cipta atau melanggar hukum. Semua tulisan yang merupakan karya asli penulis, baik di buku, koran, ataupun blog, dilindungi hak cipta. Jika penulis asli menuntut, maka Anda bisa didenda (150 Juta Rupiah). Khusus untuk blog ini, isinya tutorial gratis, namun gratis bukan berarti bebas disebarluaskan! Tetapi gratis dibaca Anda dan boleh dikutip asalkan membuat link ke arah artikel yang menjadi acuan/sumber. Silakan klik di sini, Anda akan mengetahui betapa search engine sangat membenci tulisan hasil copy-paste.

4. Tanpa referensi

Jika artikel Anda membahas topik yang sulit, sebaiknya Anda menyebutkan referensi atau sumber tulisan Anda. Apalagi jika Anda benar-benar mengutip artikel orang lain, Anda seharusnya menyebutkan referensi. Dalam menulis blog, Anda bisa membuat link untuk mengacu pada referensi. Misalnya membuat link ke arah Wikipedia.

5. Sombong

Menulis blog bukan berarti Anda lebih tahu dari pembaca. Penulis blog yang baik, selalu merendah, namun tidak merendahkan diri. Jika Anda menjumpai penulis blog dengan gaya bahasa yang sombong, Anda tentu malas membacanya kan?

6. Terlalu merendahkan diri atau kurang PD

Orang yang membaca blog, akan respect kepada Anda, jika Anda menulis dengan percaya diri. Untuk menulis tentang fakta, misalnya kejadian yang lagi hot, hindari kata “mungkin”, “kalau tidak salah”. Anda juga tidak perlu menuliskan kata-kata, “sebelumnya saya minta maaf kalau isi blog saya tidak benar“. Pengunjung akan menganggap blog Anda tidak profesional dan bukan ditulis orang yang ahli di bidangnya.

7. Posting hanya berisi gambar

Posting yang hanya berupa gambar, tidak Search Engine Friendly, karena search engine hanya bisa mengindeks teks. Sebaiknya Anda menulis artikel di blog berisi minimal 500 kata.

8. Posting yang terlalu pendek atau terlalu panjang

Posting yang terlalu pendek tidak disukai oleh search engine, ini mengakibatkan blog Anda berada pada urutan bawah ketika orang mengetikkan kata kunci di google atau yahoo. Sebaliknya, posting yang terlalu panjang menyebabkan halaman Anda tidak diindeks seluruhnya oleh search engine. Untuk artikel yang panjang, Anda bisa membuat artikel berseri.

9. Tanpa kategori, tanpa tag, atau terlalu banyak kategori dan tag

Menulis blog tanpa kategori dan tanpa tag biasanya disebabkan karena lupa. Tag dan kategori berguna sebagai incoming link atau sebagai keyword. Terlalu banyak tag atau kategori juga berbahaya karena bisa dianggap massive domain interlinking dan menurunkan ranking blog Anda.

10. Terlalu banyak iklan

Blog atau website yang terlalu banyak iklan, menyebabkan pengunjung merasa terganggu, karena pengunjung membuka website atau blog adalah untuk mencari informasi kan? Bukan membaca iklan. Apalagi jika ada pop-up window yang muncul. Kecuali Anda membuat blog khusus untuk iklan atau menawarkan produk.

11. Berisi hoax atau berita bohong

Sebelum Anda menulis sebuah informasi, pastikan Anda sudah mengecek kebenaran informasi tersebut. Jangan sampai Anda memposting hoax atau berita yang didapat dari surat berantai, atau informasi yang berisi penipuan yang belum tentu jelas benar atau salah. Blog yang mengklarifikasi atau mengkritik hoax, tidak termasuk dalam kesalahan yang dimaksudkan penulis.

12. Menggunakan gambar dengan ukuran file yang terlalu besar

Gambar dengan ukuran file yang besar akan membuat lama pada saat pengunjung membuka blog Anda. Pernahkah Anda membuka alamat web yang nggak muncul-muncul isinya? Pasti kesel kan? Untuk masing-masing gambar sebaiknya tidak lebih dari 30kb. Anda bisa memperkecil ukuran file gambar (dan ukuran gambarnya juga) dengan software Adobe Photoshop.

13. Menginformasikan crack, kerial, atau keygen

Sebaiknya Anda tidak memposting artikel yang berisi crack, serial, atau keygen suatu software. Hal ini melanggar hukum dan Anda bisa dituntut di pengadilan oleh pembuat software. Hal ini juga menyalahi term of service atau perjanjian waktu pertama kali Anda membuat blog, resikonya, blog Anda akan dihapus oleh pengelola blog.

14. Memasang virus

Paling tidak saya menemukan sebuah blog yang menginstall virus ketika dibuka. Ada juga blog yang isinya program yang seolah-oleh berguna, padahal virus. Selalu gunakan antivirus dan update secara teratur.

Kesalahan dalam menyikapi komentar

1. Moderasi komentar

Saat menulis blog, kita bisa memilih apakah akan memperbolehkan komentar dari siapa saja atau moderasi komentar. Jika settingan moderasi komentar diaktifkan, komentar tidak langsung di-approve, Anda akan menerima email yang berisi pertanyaan akan meng-approve komentar tersebut atau menghapus komentar itu. Ini memang lebih aman untuk menghindari komentar-komentar yang kasar atau iklan, tetapi pengunjung tidak begitu suka jika komentar yang baru ditulis tidak segera muncul. Setting komentar untuk blog di WordPress.com bisa dilihat di bagian Setting -> Discussion, atau di http://nama-blog-anda.wordpress.com/wp-admin/options-discussion.php

2. Menghapus komentar

Jika komentar ada yang tidak sopan atau yang hanya berisi iklan, tentu membuat Anda tidak suka. Anda boleh menghapusnya, karena pemilik blog memiliki hak penuh terhadap isi blognya. Tetapi saran dari saya, komentar tersebut jangan dihapus tetapi diganti dengan yang lebih sopan. Dengan harapan pengirim komentar itu tidak marah dan menyadari kesalahannya. Misalnya saat saya menulis tentang radiasi handphone, Anda komentar pengunjung yang bunyinya kurang lebih:

Percaya SMS MERAH? Bullshits!!!!!!!!!!! Anjing!!!!!!!!!!! Orang Indonesia nggak punya otak! Mikir pakai dengkul!!!!

Mungkin bukan ditujukan kepada saya, tetapi saya ganti menjadi:

orang indonesia mikir pake dengkul :)

3. Tidak menjawab komentar

Banyak komentar yang berisi pertanyaan atau saran, sebaiknya ditanggapi. Pengunjung blog yang bertanya, biasanya akan kembali lagi ke halaman yang sama dalam 1 atau 2 hari atau saat dia online lagi. Jika pertanyaannya belum dijawab, tentu dia akan kecewa.

4. Membiarkan komentar yang berisi iklan atau kasar

Jika ada komentar yang kasar atau berisi iklan, segera diedit atau dihapus. Jika tidak dihapus, itu akan menganggu konsentrasi pembaca lain.

Kesalahan dalam memberi komentar

1. Komentar yang berisi iklan / tidak sopan

Komentar yang berisi iklan atau tidak ada hubungannya dengan isi adalah tidak etis, dan pemilik blog akan menghapus komentar tersebut. Lebih parah lagi jika pemilik blog mengklik sebagai SPAM dan melaporkannya ke penyedia layanan blog (misalnya wordpress.com). Jika ID Anda sudah dicap SPAM oleh penyedia layanan blog, maka komentar Anda akan selalu masuk moderasi. Untuk menghindari komentar kita dianggap SPAM, pastikan link maksimal 2 dan istirahatlah 5 menit sebelum memposting komentar baru.

2. Komentar yang singkat

Banyak sekali pengunjung yang komentar singkat, misalnya “thanks”, “artikel oke”, sebenarnya tidak masalah, tapi bisa dipastikan pemilik blog akan sedikit tersanjung :) tetapi tidak merangsang pemilik blog untuk mengunjungi balik blog / website pemberi komentar. Kalau komentar Anda bermutu, pasti pemilik blog akan tertarik untuk mengetahui siapa sih Anda sebenarnya. Dalam hati berkata, kok keren ya komentarnya?

3. Tidak menulis URL atau menulis URL yang salah

Kalau Anda ingin web/blog Anda dikenal orang, sebaiknya menuliskan URL pada kolom yang disediakan saat memberi komentar. URL yang salah, misalnya http://yahoo/ (yang benar http://yahoo.com) akan merugikan pemilik blog karena merupakan dead link.

Kesalahan yang berhubungan dengan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha optimisasi halaman web/blog agar memiliki peringkat tinggi dalam Search Engine (misalnya Google, Yahoo, MSN). Tujuannya adalah ketika pengunjung Search Engine mengetikkan kata kunci tertentu, halaman web Anda berada di urutan paling atas. Sebenarnya tentang SEO telah dijelaskan dalam artikel Tips SEO dan Cara Membuat Blog / Website yang Disukai Google & Yahoo. Beberapa kesalahan yang berhubungan dengan SEO adalah:

  1. Menerapkan SEO berlebihan, misalnya dengan mengulang kata kunci terlalu banyak.
  2. Menerapkan Black SEO, yaitu mencurangi Search Engine, misalnya dengan doorway, cloak, kata yang tidak terlihat (terlalu kecil atau warnanya sama dengan background).
  3. Mengikuti program paid link atau MLM link.
  4. Link ke blacklist. Sebelum Anda memasang link dalam blog Anda, misalnya sebagai referensi atau blogroll, pastikan halaman tersebut ada dalam search engine (Google). Jika belum ada, ada kemungkinan halaman tersebut termasuk blacklist Google. Link ke halaman blacklist akan menyebabkan halaman/web/blog Anda kena blacklist juga. Di-blacklist berarti dikeluarkan dari Search Engine.
  5. Link dari blacklist. Sebelum melakukan promosi blog dengan mendaftarkan ke directory atau iklan, pastikan directory tersebut bukan blacklist dari google, dengan cara memasukkan URL-nya ke Google. Link dari blacklist akan berakibat buruk pada SEO (pendapat ini kontroversial).
  6. URL Forwarding. URL Forwading biasanya digunakan untuk menyingkat URL (misalnya fasilitas yang diberikan oleh http://www.co.nr, http://www.vze.com). Dengan URL Forwarding, kata-kata dalam halaman Anda tidak terindeks, yang terindeks adalah URL dan description-nya saja.
  7. Mendaftar ke directory yang tidak adil. Penulis tidak menyukai directory yang menggunakan atribut nofollow/redirect dan directory tersebut mengharuskan kita memasang link balik dalam homepage (ini tidak adil kan?).

Kesalahan yang berhubungan dengan promosi

1. Spam

Spam adalah pesan yang tidak dikehendaki. Spam bisa dilakukan dengan email atau komentar di blog. Pesan ini biasanya berisi iklan agar mengunjungi web/blog tertentu. Resikonya, jika Anda melakukan Spam dan dilaporkan banyak orang, alamat email atau IP Adress Anda akan ditandai sebagai Spam, sehingga tiap kali mengirim komentar selalu dimoderasi. Mengirim email SPAM berakibat tiap kali Anda mengirim email, masuknya ke folder BULK/SPAM/MASSAL.

2. URL yang sulit diingat

Ada beberapa bloger yang menggunakan URL yang susah diingat, misalnya http://0k4m4h3ndr4.blogspot.com. Siapa yang bisa mengingat URL ini?

3. Memposting berita bohong

Ada bloger yang rela berbohong hanya demi trafik, misalnya dengan memposting berita tentang adanya korban SMS Merah, memposting berita tentang kamera tembus pandang yang dijual di Glodok, dan lain-lain. Jika Anda ketahuan memposting berita bohong, pengunjung enggan datang lagi di masa yang akan datang.

Kesalahan di luar teknis

Banyak sekali kesalahan di luar teknis yang dilakukan oleh bloger, misalnya:

  1. Menulis blog tanpa tujuan.
  2. Obsesi pada komentar, dia akan merasa kecewa saat tulisannya tidak ada komentar.
  3. Obsesi pada trafik, dia akan merasa kecewa dan berhenti berkarya saat pengunjung blognya sedikit.
  4. Mengabaikan istrirahat atau pekerjaan utamanya saat menulis blog.
  5. Tanpa identitas.

Demikian daftar kesalahan-kesalahan yang sering dibuat oleh bloger. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan itu, blog kita akan mendapat pengunjung yang lebih banyak. Selamat mengeblog!

<selesai>

Tulisan ini bukan dimaksudkan agar Anda ragu untuk membuat blog.

Tulislah apa saja yang Anda suka, asal jangan copy-paste dari tulisan orang lain (melanggar hak cipta), dan Anda tidak merugikan orang lain, Anda tidak memiliki resiko apapun. Segala sesuatu itu berawal dari belajar dan belajar. Kesalahan itu wajar (saya juga sering salah), yang tidak wajar adalah orang yang tidak memperbaiki kesalahannya.

Blog Tutorial WordPress - menu Write

Ada dua buah sub menu:

  1. Sub menu Write Post (Buat Tulisan) digunakan untuk menulis artikel di blog Anda. Ini yang paling sering Anda lakukan nantinya.
  2. Sub menu Write Page (Buat Halaman) digunakan untuk membuat halaman statis (misalnya profil Anda).

Pada saat kita mengaktifkan sub menu Write Post maka akan muncul jendela mirip Microsoft Word, yaitu tempat kita mengetik artikel kita.

Tutorial Blog - New Post

Perhatikan nomor-nomor gambar di atas:

  1. Judul posting Anda ditempatkan di sini.
  2. Anda bisa memilih mengedit secara visual atau code.
  3. Aktifkan icon show advanced toolbar.
  4. Isi tulisan Anda di sini.
  5. Isi Tag Anda dengan kata kunci (keyword), bisa lebih dari satu.
  6. Isi Category dengan kategori postingan Anda, bisa lebih dari satu. Misalnya: Design Grafis.
  7. Untuk mengupload (mengunggah) gambar.
  8. Aktifkan Allow Comment atau tidak terserah Anda.
  9. Tekan Save & Continue Editing untuk menyimpan blog Anda.

Di bagian atas ada icon-icon kecil sebagai tool buat menulis. Yang paling sering digunakan adalah:

  1. Bold (Control + B)
  2. Italic (Control + I)
  3. Membuat link, blok tulisan kemudian tekan (Alt + Shift A) atau Ctr + K
  4. Memasukkan gambar (Alt + Shift + M).

Jika Anda ingin memasukkan gambar, maka upload dulu gambar Anda (ada pilihan Upload / Unggah di bagian bawah). Selah gambar di-upload, pilih gambar tadi, klik kanan mouse dan pilih menu Copy Shortcut, Copy Link Location, atau Copy Link Address, baru Anda tekan Alt + Shift + M diikuti Control + V untuk mengisi alamat Gambar.

Shortcut ini mungkin berbeda untuk tiap browser, Anda bisa meraba dengan mouse icon-icon ini untuk mengetahui shortcut apa yang sesuai dengan browser Anda.

Jika Anda sudah selesai menulis, tekan tombol Save & Continue Editing. Kemudian buka kembali blog Anda di http://username.wordpress.com

Sudah bagus? Jika ingin mengedit lagi, baca blog Anda sendiri, jika Anda masih login di wordpress, maka Anda dapat mengklik menu EDIT atau SUNTING untuk setiap artikel yang ada di blog Anda. Untuk mengedit atau menghapus tulisa, gunakan menu Manage -> Post/Page atau Kelola -> Tulisan/Halaman.

Jika semuanya okey, saatnya Anda memperkenalkan blog Anda pada teman-teman Anda.

Ubah tema wordpress blog

Bagian ini biasanya paling lama dalam setup karena Anda akan menghadapi banyak pilihan. Setelah memilih tema, Anda bisa mengkonfigurasi widget:

  1. Dalam sub menu Themes, Anda bisa memilih tema yang Anda sukai, mau satu kolom, dua kolom, atau model lain terserah Anda.
  2. Anda bisa membuka sub menu Widgets, dalam sub menu ini, Anda bisa angkat junjung (drag & drop) Widgets. Widgets adalah fasilitas tambahan namun sangat penting untuk memperindah blog kita.
  3. Anda bisa membuka sub menu Custom Image Header, jika Anda menginginkan mengganti gambar header dengan gambar yang spesial.

Proses registrasi dan setup selesai. Coba lihat blog Anda di alamat http://username_anda.wordpress.com

Anda sudah tidak sabar untuk mencoba mengisi blog Anda? Mari kita lanjutkan dengan menulis artikel / posting.

Membuat Blog Untuk Pemula

Posted: January 19, 2011 in Uncategorized

Blog memang sekarang sangat populer. Karena kemudahannya, setiap orang bisa membuat sebuah blog dengan sangat cepat dan mudah. berbeda dengan membuat website, membuat blog tidak dibutuhkan skill programming. Kita juga bisa lebih mudah menyalurkan ide dan kreativitas kita, karena isi blog mudah diupdate setiap saat kita mau. Ayo jangan ketinggalan sama yang lain, buat blog sekarang juga…! Baca kelanjutannya ya…

Proses Pendaftaran dan Setup

  1. Pendaftaran. klik disini: http://id.wordpress.com klik pada tulisan “Sign Up Now” atau “Daftar”
  2. Ikuti proses pendaftaran sampai selesai kemudian coba login dengan user name dan password Anda.
  3. Yang perlu diperhatikan:
    • Judul blog Anda dan deskripsi blog Anda harus unik, jangan sampai Anda membiarkan bagian ini tidak diedit.
    • Isi email Anda yang aktif.
    • Pilih Bahasa Indonesia jika Anda mau menulis blog dalam bahasa Indonesia.
  4. Kemudian Anda masuk ke Dashboard (dasbor)

Tutorial Dashboard wordpress

Kembali ke Dashboard, menu bagian atas (berwarna biru muda) disebut menu utama, dan menu dibawahnya disebut sub menu. Menu Dashboard ini memiliki sub menu Dashboard, Blog Stats (statistik blog), Blog Surfer dan Tag Surfer (untuk mencari blog) dan My Comments. Untuk sementara biarkan apa adanya saja.

Pertama yang harus dibuka adalah menu Option (opsi) pastikan judul, tagline, language, dan email Anda benar. Perbolehkan orang mengirim komentar tanpa harus login ke wordpress.

Blog Language berbeda dengan Interface Language. Blog Language adalah bahasa Isi dari blog tersebut, misalnya isi blog Anda berbahasa Indonesia, maka pilihlah Blog Language Bahasa Indonesia (ada di menu Option atau Opsi).

Sedangkan Interface Language adalah bahasa yang digunakan dalam Control Panel ketika Anda login di WordPress.com. Saya lebih menyukai Interface Language Bahasa Inggris. (ada di menu User -> Your Profile, atau Pengguna -> Profil Anda).

Option menu WordPress

Buka sub menu Discussion (diskusi). Hilangkan cek pada pilihan “user must have approved comment”. Ini berarti bahwa siapa saja boleh berkomentar dalam blog Anda meskipun belum pernah komentar sama sekali.

Dalam tutorial membuat blog ini, akan dibahas tutorial blog di wordpress.com saja. WordPress adalah penyedia layanan blog gratis yang sangat populer (selain wordpress.com, ada blogger.com yang tidak kalah populer).

Polusi dan Limbah

Posted: December 15, 2010 in Uncategorized

Pernah dengar dua kata di atas. Pasti pernahkan? Ya kedua kata di atas merupakan kata-kata yang menggambarkan perusakan lingkungan. Polusi adalah pencemaran. Biasanya kita mengasosiasikan polusi ini dengan polusi udara, padahal yang namanya polusi itu segala sesuatu pencemaran mulai dari air, udara, sampai polusi tanah. Semuanya tentunya sangat berbahaya bagi lingkungan dan merugikan kehidupan manusia.

 

Polusi udara rata-rata dihasilkan dari gas buang kendaraan bermotor atau asap-asap pabrik. Dengan adanya asap-asap itu, udara menjadi kotor dan kita yang menghirupnya juga akan merasa sesak. Bahkan jika kita mencemarkan udara dengan za-zat tertentu, udara bisa menjadi beracun lho. Kita lihat pada saat bom Hiroshima dan Nagasaki. Bebarapa saat setelah bom atom tersebut meledak, pasti kita tahu kan ada awan jamur besar yang membumbung tinggi ke angkasa. Nah awan jamur tersebut membawa partikel-partikel debu radioaktif yang sangat berbahaya. Beberapa hari kemudian setelah awan jamur itu hilang, turun hujan yang berwarna hitam dan airnya kental. Air itu sangat beracun lho. Tetapi warga Hiroshima dan Nagasaki terpaksa meminumnya dan dapat ditebak mereka mengalami keracunan.

Itulah bahaya dari polusi yang tidak kita sadari. Sementara itu, kita tetap saja mengeluarkan limbah-limbah yang dapat menyebabkanpolusi. Jadi dapat dikatakan jika kita terus mengeluarkan limbah, maka polusi tidak akan terhindarkan. Untuk itu kita harus pintar-pintar mengolah limbah yang ada dan berusaha sekuat tenaga untuk memulihkan SDA yang telah terkena polusi. Sebenarnya banyak cara untuk membersihkan SDA yang terkena polusi.

Untuk memulihkan tanah yang sudah tercemar, kita dapat melakukan konservasi tanah. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan penghijauan. Tumbuhan dapat membantu menyuburkan tanah dan dapat menyerap beberapa zat-zat kimia dari dalam tanah. Untuk air, kita dapat melakukan penyaringan air dengan teknologi canggih atau teknologi sederhana. Untuk teknologi canggih, sepertinya bagi kita masyarakat biasa sulit melakukannya karena mahal. Jadi sebaiknya kita melakukan penyaringan air dengan teknologi sederhana. Caranya adalah dengan menumpuk lapisan-lapisan pasir, batu kerikil, dan tanah di sebuah drum. Lalu air yang kotor dimasukkan dan jika air telah mengalir dibagian bawah drum, air akan menjadi bersih. Lapisan-lapisan tadi telah menyaring kotoran-kotoran pada air sehingga air bisa bersih kembali.

Untuk itu kita semua harus ikut serta dalam perjuangan melawan limbah dan polusi untuk kehidupan yang lebih baik. Kita harus menemukan teknologi-teknologi lain yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi di lingkungan kita.

Penghematan Sumber Daya

Posted: December 15, 2010 in Uncategorized

SDA atau Sumber Daya Alam adalah segala sasuatu yang ada di alam ini yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan kehidupan manusia. SDA dapat memiliki berbagai macam bentuk, seperti SDA pertanian, SDA pertambangan, dll. Kebanyakan dari SDA itu merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Ini menandakan bahwa jika kita terus menerus menggunakan SDA secara berlebihan maka SDA tersebut akan cepat habis. Tetapi yang menjadi fenomena baru sekarang adalah terjadinya kelangkaan SDA air, padahal air merupakan SDA yang dapat diperbaharui. Eksploitasi yang berlebihan dapat merusak SDA.

Kelangkaan air bersih bisa kita lihat di daerah gunung Kidul. Warga di sana sangat kesulitan mencari air bersih. Hal ini juga terjadi di beberapa tempat lain dikarenakan adanya pencemaran pada air sehingga air tidak dapat digunakan untuk kehidupan. Selain kelangkaan air bersih, masih banyak lagi kelangkaan SDA lain yang terjadi seperti munyak tanah, gas LPG, dll. Untuk menghindari kelangkaan SDA yang setiap waktunya semakin banyak, kita harus pintar-pintar menghemat. Jangan karena merasa air itu murah dan tidak perlu bayar (yang menggunakan sumur, kalau make PAM bayar), msks kita menggunakannya dengan berlebihan. Keran air terus menyala padahal sedang tidak menggunakan air. Tentunya itusangat boros bukan? Begitu juga dengan penggunaan bahan bakar minyak. Kita sebaiknya memilih kendaraan umum karena dengan menggunakan kendaraan umum, secara tidak langsung, kita ikut menghemat SDA. Penghematan SDA sangat penting karena suatu saat nanti, kita akan mewariskan bumi ini pada anak, cucu, atau cicit kita. Jika kita tidak menghemat dan menghabiskannya sekarang, anak cucu cicit kita yang akan menderita pada kehidupannya nanti. Mereka akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kita harus menyadari bahwa kita hidup sekarang ini bukan untuk menggunakan SDA, kita hidup untuk menjaga agar SDA ini tetap dapat digunakan oleh anak cucu kita yang aklan mewarisi bumi ini. Untuk menghemat SDA sebenarnya tidak sulit, hanya sekali lagi yang perlu diutamakan adalah niat. Jika kita memang berniat untuk menghemat, kita akan melakukannya. Tetapi jika kita malasa dan tidak ada niat, kita akan menggunakannya secara boros.

Ini bergantung dari dirri kita sendiri. Untuk menumbuhkan niat diperlukan kesadaran. Untuk menumbuhkan kesadaran perlu adanya pendidikan. Jika kita mendidik anak-anak kita yang masih kecil untuk berhemat SDA, maka kelak pada saat dewasa nanti anak-anak itu akan memiliki kesadaran akan pentingnya berhemat.

Pestisida Merusak Lingkungan

Posted: December 14, 2010 in Uncategorized

Selama ini, kita mengetahui bahwa pestisida sangat berguna dalam membantu petani merawat pertaniannya. Pestisida dapat mencegah lahan pertanian dari serangan hama. Hal ini berarti jika para petani menggunakan pestisida, hasil pertaniannya akan meningkat dan akan membuat hidup para petani menjadi semakin sejahtera. Dengan adanya pemahaman tersebut, pestisida sudah digunakan di hampir setiap lahan pertanian.

Tetapi, dibalik manfaatnya yang besar, akhirnya para peneliti menyadari bahwa pestisida memiliki dampak yang cukup merugikan pada pemakaiannya. Setelah diteliti, pestisida dapat merusak ekosistem air yang berada di sekitar lahan pertanian. Mengapa demikian? Jika pestisida digunakan, akan menghasilkan sisa-sisa air yang mengandung pestisida. air yang mengandung pestisida ini akan mengalir melalui sungai atau aliran irigasi dan dapat menyuburkan ganggang di perairan tempat sungai atau irigasi tadi bermuara.

Dengan suburnya ganggang, dapat mengakibatkan cahaya matahari sulit untuk masu ke dalam danau. Ini mengakibatkan hewan-hewan ataupun fitoplankton tidak mendapat cahaya. Jika fitoplankton tidak mendapat cahaya, maka tidak akan dapat berfotosintesis dan tidak dapat lagi menghasilkan makanan untuk hewan-hewan air.

Selain merusak ekosistem, pestisida juga dapat mengganggu kesehatan terutama kesehatan petani. Drngan seringnya menggunakanpestisida, maka kontak kulit dengan pestisida juga akan semakin sering dan dapat mengakibatkan iritasi kulit. Atau jika pestisida terhirup dan masuk paru-paru, dapat mengganggu kesehatan pernafasan.

Dengan adanya dampak buruk dari pestisida, para petani lebih dianjurkan menggunakan sistem pertanian organik yang tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Tetapi pertanian dengan metode ini juga memiliki resiko yaitu rentan untuk terserang hama. Tetapi hasil dari pertanian ini sanngat sehat dan tidak akan mengganggu kesehatan.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa resiko kanker pada oarang-orang yang merokok disebabkan oleh penggunaan pestisida pada saat menanam tembakau. Jika kita membandingkan orang-orang zaman dahulu, walaupun mereka perokok, tetapi mereka tetap sehat dan tidak mengalami penyakit kanker. Kemungkinan ini disebabkan karena zaman dahulu belum digunakannya pestisida saat menanam tembakau.

Oleh karena itu, para petani diharapkan tidak terlalu banyak menggunakan pestisida dan melakukan pertanian organik. Pertanian organik ini sangat bermanfaat dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi lingkungan maupun tubuh.

Jadilah Sahabat Bumi!

Posted: December 14, 2010 in Uncategorized

Apakah kita pernah tersadar dimanakah kita sekarang ini? Kita sebagai manusia hidup di Bumi mulai dari lahir, kecil, beranjak dewasa, sampai kita meninggal. Kita sangat berhutang budi pada Bumi, planet tempat tinggal kita yang tercinta ini.

Tetapi, berapa banyak kita telah mengotori Bumi, merusak Bumi, dan membuat Bumi ini menjadi tidak indah lagi? Kadang-kadang kita tidak sadar bahwa perbuatan kita sangat merusak Bumi dan terkesan tidak berterima kasih pada Bumi yang telah berjasa banyak pada Bumi.

Oleh karena itu, kita harus mulai mengubah hidup kita agar perbuatan kita ini tidak lagi merusak Bumi. Tentunya kita adalah manusia yang tidak dapat melakukan semua hal. Jadi, kita cukup melakukan perbuatan yang dapat kita lakukan dan tidak perlu memaksakan diri. Jika kita hanya dapat berbuat hal-hal yang sederhana, ya kita lakukan hal sederhana tersebut. Jangan hanya karena hal sederhana yang bis kita lakukan, kita malu untuk melakukannya sehingga kita tidak melakukan apa-apa. Tetapi juga kita harus mengembangkan diri supaya bisa melakukan hal yang lebih besar lagi. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan.

Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya adalah membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghematan listrik, menghemat Bahan Bakar Minyak dan masih banyak lagi.Mungkin kita sudah bosan dengan kata-kata “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. Kita mendengar kata-kata itu sejak kita kecil sampai dewasa. Tetapi apakah kita sudah melakukan hal yang kita anggap sederhana tersebut? Mungkin ya, mungkin tidak. Kadang-kadang untuk sampah yang besar kita ingat, tetapi jika sampahnya kecil seperti sobekan kertas, plastik, atau bungkus snack, kita membuangnya begirtu saja. Jika kita ada di kelas, maka kita taruh sampah tersebut dikolong meja. jika ada diangkot maka ditaruh dibawah tempat duduk.

Hal itu tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Itu menandakan bahwa yang terpenting adalah kesadaran diri. Usia tidak berpengaruh pada sikap seseorang. Yang paling berpengaruh adalah kesadaran. Itu yang paling penting. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan air. Kita selalu menganggap bahwa lebih banyak orang yang menngunakan air lebih banyak dari diri kita sendiri sehingga kita berpikir kalaupun kita menghemat, tetap saja tidak akan berguna. Itu adalah pemikiran yang salah. Jika semua orang berfikir itu, maka tidak akan ada yang berhemat bukan? Kita harus menanamkan pikiran segala sesuatu hal yang baik itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Jangan menunggu orang lain untuik berbuat hal kebaikan.

Oleh karena itu, maka untuk menjaga lingkungan kita ini, lingkungan Bumi kita yang tercinta ini, lakukanlah suatu hal yang kecil karena sesuatu yang besar itu tidak ada sebelum ada hal yang kecil. Jika hal kecil itu dilakukan oleh banyak orang, maka hal kecil itu akan menjadi hal yang besar. Jika seribu orang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan, maka daerah tersebut akan menjadi bersih. Tetapi jika seribu orang membuang sampah sembarangan, maka tentunya daerah itu akan sangat kotor sekali.

Jadi, janganlah pernah meremehkan hal-hal kecil seperti menghemat listrik, menghemat air, menghemat BBM, atau membuang sampah pada tempatnya. Lakukan mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang disekitar anda. Jadilha sahabat Bumi dan cintailah Bumi ini. Semoga jika kita telah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan, Bumi ini kembali indah, sejuk, segar dan udaranya nyaman sehingga ita semakin senang hidup di Bumi ini. JADILAH SAHABAT BUMI!